Desainer Sugih

Arti Warna

Tentang warna identik dengan kerjaan saya di pabrik kebetulan dah hampir enam tahun alhamdulillah saya masih mengurus design promo marketing, karena itu bagi saya warna itu teman saya di pabrik, warna bagi saya adalah keindahan, warna juga kemajemukan.

Menurut saya pribadi penyusunan warna itu datang saat mood nya enak, lalu dituangkan pada desain. Namun terlepas dari rasa itu seharusnya untuk jaman sekarang sebagai designer harus mampu menjelaskan konsepnya terlebih soal warna.

Katanya warna itu ternyata juga mempengaruhi perasaan dan sisi psikologis manusia baik secara fisik maupun mental. Bahkan katanya lagi ada lho cabang ilmu psikologi warna yang mempelajari dan menerapkan efek ini kepada berbagai hal disekeliling manusia, baik itu dalam desain produk, untuk menarik client, menambah pesona seseorang, dan bahkan terapi warna yang digunakan untuk mengobati penyakit.

Menurut Jacci Howard Bear, seorang desainer, penulis dan seniman yang bekerja dan mengajar di bidang desktop publishing sekitar dua dekade, warna itu katanya dapat dipakai untuk merepresentasikan suatu budaya, tradisi, suatu yang keagamaan, sebuah konsep, perasaan, atau memancing reaksi fisik tertentu. Di dunia film, warna sangatlah penting untuk mempengaruhi penonton, jika komposisi warna yang ditampilkan tidak sesuai dengan maksud adegan yang ingin ditampilkan, maka persepsi penonton bisa saja lain. Contohnya jika film horor dengan warna - warna cerah atau pastel, maka kesan "seram" nya tidak akan tersampaikan. Warna sangat penting untuk menciptakan dan menguatkan sebuah mood yang ingin dibangun

a. Merah


Adalah warna yang memberi semangat dan emosi. Warna merah memacu kelenjar adrenalin dan memicu produksi adrenalin. Memicu tekanan darah dan tingkat pernafasan, juga memicu nafsu makan dan indra penciuman. Merah adalah warna yang paling enerjik dari antara spektrum warna, memiliki sifar semangat, berani, kemarahan, bahaya, kecepatan, hasrat, aksi dan darah. Warna merah sering digunakan di restoran tetapi tidak digunakan di rumah sakit atau penjara. Dalam budaya China, warna merah melambangkan perayaan dan keberentungan. Sedangkan di India merah melambangkan kesucian.

b. Kuning


Warna yang diasosiasikan dengan stress, kewaspadaan, dan keprihatinan, tetapi juga memicu perasaan optimis, keseimbangan, harapan, kesenangan, kebahagiaan, idealisme dan imajinasi. Warna kuning sangat baik dipakai di ruang kelas karena dapat memicu mental pelajar. Di asia, kuning melambangkan kerajaan dan kebangsawanan.

c. Orange


Memiliki karakteristik gabungan merah dan kuning. Orange dianggap sebagai warna yang hangat seperti merah tetapi intensitasnya lebih kecil. Orange mengekspresikan energi dan aktivitas. Orange juga mengingatkan orang kepada masa lampau. Orange melambangkan kehangatan, antusiasme, getaran, kreativitas, keseimbangan dan pusat perhatian. Warna orange adalah warna paling baik untuk memicu rasa ingin belajar. Di Irlandia, orange sangat erat kaitannya dengan agama Kristen.

d. Biru


Adalah warna yang paling tenang. Jika anda melihat warna biru, otak anda akan melepaskan sebelas sinyal syaraf yang membuat tubuh anda relaks. Hal ini akan mengurangi suhu tubuh, tingkat pernapasan dan nafsu makan. Biru memiliki efek yang berlawanan dengan Merah atau orange. Biru dianggap terlalu menenangkan untuk area belajaran dan tidak baik untuk restoran. Biru melambangkan perasaan tenang, rasa aman, stabil, harmonis, rasa percaya, kebenaran, percaya diri, bersih, setia, langit, air, dingin, cerdas dan depresi

e. Hijau


Warna yang menenangkan. Warna hijau dapat menaikkan kadar histamin didalam darah, mengurangi sensitivitas pada alergi makanan dan juga memicu sistem kekebalan tubuh. Menurut penelitian, warna hijau juga memiliki efek mengurangi stress dan memicu penyembuhan, Karena itu,warna hijau sering dipakai di rumah sakit. Hijau melambangkan alam, lingkungan, kesehatan, nasib baik, pembaharuan, kemudaan, semangat, kesuburan, iri hati, ketidakberuntungan, racun, berpengalaman, dingin, lembut, dan punya daya
penyembuhan yang besar.

f. Coklat


Melambangkan rasa aman dan myaman, kekuatan, ketegaran, kesederhanaan, persahabatan, juga mengurangi rasa lelah dan menambah nafsu makan. Warna coklat dapat dengan ditemukan di alam, batu, tanah,kayu semuanya berwarna coklat. Warna coklat adalah warna hangat yang netral.

g. Hitam


Adalah warna yang melambangkan kekuasaan, kekuatan, kemewahan, formalitas, kematian kegelapan, keserakahan, misteri dan kejahatan. Di dunia fashion, warna hitam populer karena bisa membuat pemakainya terlihat lebih kurus. Warna hitam juga stylish dan tidak lekang oleh waktu. Pendeta memakai pakaian hitam sebagai lambang pengabdian kepada Tuhan. Warna hitam juga dipakai untuk melambangkan kekayaan, formalitas dan sesuatu yang elegan, contohnya seperti dasi hitam, jas hitam , mercedes hitam. Warna hitam memberikan efek kedalaman, tetapi latar belakang hitam mengurangi keterbacaan, Galeri seni atau fotografi sangat cocok untuk memakai hitam atau abu abu sebagai latar balakangnya, karena latar belakang hitam membuat warna cerah objek terlihat lebih menonjol dan membuat mata pemirsa
terfokus pada objek. Hitam juga sering dikaitkan dengan hal hal negatif seperti daftar hitam, komedi hitam, dan "black death". Hitam melambangkan kematian dan kengerian, banyak tokoh jahat di film memakai baju hitam.

h. Abu-abu

Adalah warna yang paling netral, Abu - abu melambangkan Keamanan, keandalan, kecerdasan, keseriusan, kesederhanaan, martabat, kedewasaan, sifat konservatif, praktis, kesedihan, usia tua, kebosanan.

i. Putih


Sering diasosiasikan dengan cahaya, kebaikan, kepolosan, kesucian, penghormatan, kemurnian, kesederhanaan, kebersihan, kedamaian, kerendahan hati, presisi, tidak bersalah, usia muda, kelahiran, musim dingin, salju, kemandulan, pernikahan (budaya Barat), dingin, klinis, dan steril. Putih
adalah lawan yang berlawanan dengan hitam. Jika hitam sering diasosiasikan dengan hal negatif, maka putih diasosiasikan dengan hal positif, Putih melambangkan awal yang sukses. Putih dapat dipakai untuk memberikan kesan bersih dan canggih pada suatu produk. Putih juga melambangkan hal yang steril, dokter dan rumah sakit kerap memakai warna ini. Putih juga melambangkan hal-hal yang berkaitan dengan kesucian dan Ketuhanan.
Tag : Desain
0 Komentar untuk "Arti Warna "
Back To Top