Desainer Sugih

Tentang Twitter

Kurang lebih sebulan  yang lalu saya di minta untuk bikinin akun fesbuk untuk seorang teman di Jakarta, kebetulan memang temen saya tidak pernah ingin susah, orangnya instan, tidak mau bertele-tele, tp menurut orang memang agak gatek mungkin hehehehe. Padahal menurut saya fesbuk kan semua orang bisa bikin. Lantas kemudian saya bikin deh akun fesbuk buat dia. Was..wes...wos..ketak-ketik dikomputer jadilah akun fesbuk karangan saya buat dipakai dia. 

Alangkah senangnya ia saat saya kasih akunnya udah jadi, udah bisa dipakai. Lalu saya sms username dan passwordnya. Kemudian dia minta dipasangin poto profil, saya manut dan sekarang akun fesbuknya sudah aktif dan sekarang relisa namanya sudah apdet-apdet status terus. Temannya sekarang sudah lebih dari seratus. Ck...ck...ck..ck...tren fesbuk sudah menjadi kebutuhan tiap orang dijaman sekarang. 

Selang waktu saat Relisa meminta membuatkan akun fesbuk, ada seorang teman lagi yang meminta saya membuat akun. Tapi yang ini agak beda, dia meminta saya bikinin akun Twitter. Walah agak aneh nih buat saya, soalnya maklum saja saya kan orang biasa bukan artis yg suka ngetuuuiiiit. Rada ribet memang. tapi saya akhirnya bisa juga dan akun twitter teman saya udah jadi dan siap untuk dipakai. Sebenernya saya juga punya akun tuiiit tp masih sepi pengikutnya baru 30an. 

Kemudian saya cari informasi lah tentang twitter, apa aja sih yang dilakukan orang dalam twitter, apa sih istilah-istilah ditwitter dan apa juga fungsinya, berikut ini saya rangkum beberapa istilah dalam media sosial twitter : 

Apa itu Twitter?
Menurut portal wikipedia Twitter adalah  situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweet). Bahasanya agak ribet yah terlalu dalem, simplenya twitter itu yang bikin perusahaan Twiiter Inc, didalem twitter penggunanya bisa mengirim dan menerima pesan dari pengguna lainya atau temen atau pengikutnya.. Oh iya pesannya tidak boleh melebihi 140 karakter

Tweet (Kicauan)
Iya tweet fungsi utama dalam twitter ini adalah  teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut ("follower").


Konten Dalam Twitter
Laman Utama (Home)
Pada halaman utama kita bisa melihat kicauan yang dikirimkan oleh orang-orang yang menjadi teman kita. Halaman utama disebut juga sebagai Timeline

Profil
Pada halaman ini yang akan dilihat oleh seluruh orang mengenai profil atau data diri serta kicauan yang sudah pernah dikirim-tampil.

Pengikut (Follower)
Pengikut adalah pengguna lain yang ingin menjadikan kita sebagai teman. Bila pengguna lain menjadi pengikut akun seseorang, maka kicauan seseorang yang ia ikuti tersebut akan masuk ke dalam halaman utama.

Mengikuti(Following)
Kebalikan dari pengikut, ikutan adalah akun seseorang yang mengikuti akun pengguna lain agar kicauan yang dikirim oleh orang yang diikuti tersebut masuk ke dalam halaman utama.

Gamitan (Mentions)
Biasanya konten ini merupakan balasan dari percakapan agar sesama pengguna bisa langsung menandai orang yang akan diajak bicara.

Favorit
Kicauan ditandai sebagai favorit agar tidak hilang oleh halaman sebelumnya.

Pesan Langsung (Direct Message)
Fungsi pesan langsung lebih bisa disebut SMS karena pengiriman pesan langsung di antara pengguna tanpa ada pengguna lain yang bisa melihat pesan tersebut kecuali pengguna yang dikirimi pesan.

Tagar (Hashtag)
Tagar yang ditulis di depan topik tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik yang sejenis yang ditulis oleh orang lain juga

Senarai (List)
Pengguna twitter dapat mengelompokkan ikutan mereka ke dalam satu grup atau senarai sehingga memudahkan untuk dapat melihat secara keseluruhan para nama pengguna (username) yang mereka ikuti (follow).

Topik Hangat (Trending Topic)
Secara garis besar adalah topik yang sedang banyak dibicarakan banyak pengguna dalam suatu waktu yang bersamaan. Kemudian secara spesifik yaitu sebuah kata, frase atau yang ditandai dengan tagar (#) yang dilepaskan dengan kecepatan lebih tinggi serta unggul dalam jumlah daripada kata, frase atau yang ditandai dengan tagar lainnya, hal ini biasa dikatakan menjadi Topik Hangat (Trending Topic) dan menjadi populer baik yang melalui upaya terpadu oleh pengguna atau karena suatu peristiwa yang mendorong orang untuk berbicara tentang satu hal tertentu tersebut. Topik-topik tersebut membantu Twitter dan pengguna untuk memahami apa yang terjadi di dunia. Terkadang topik-topik tersebut merupakan hasil dari kesengajaan dan upaya bersama oleh fans selebriti tertentu ataupun karena fenomena budaya. Ada 2 jenis Topik Hangat (Trending Topic) yang menjadi acuan pengguna di Indonesia, yaitu Topik Hangat Seantero Dunia (Trending Topic World Wide / TTWW) dan Topik Hangat Indonesia (Trending Topic Indonesia / TTI), kemudian yang terjadi di Indonesia khususnya terutamanya adalah karena hal-hal yang sedang banyak peminatnya pada kala itu, semisal fenomena lagu Keong Racun, Ariel Peterpan (dikenal sebagai Arielpeterporn), Ashilla Zahrantiara (dikenal sebagai Shilla, Ashilla Z dan AshillaBlink), Justin Bieber (Beliebers), Twilight, Harry Potter dan lainnya, atau juga hal-hal yang tidak biasa seperti #7KulinerSbyPalingWuenak.

Isi Kicauan
Isi Kicauan menurut Pear Analytics.
Celoteh tidak berarti - 40%
Percakapan - 38%
Nilai lewat-terus (pass-along) - 9%
Promosi diri - 6%
Berita - 4%
Spam - 4%

Peringkat
Twitter adalah merupakan salah satu dari 10 situs web yang paling sering dikunjungi di seluruh dunia oleh Alexa trafik web analisis. Februari 2009 Compete.com blog entry mengatakan bahwa Twitter berada di tingkat ketiga sebagai situs yang digunakan jaringan sosial berdasarkan jumlah pengunjung bulanan sebanyak 6 juta pengunjung. Pada bulan Maret 2009, Nielsen.com blog menyatakan Twitter sebagai situs yang tumbuh tercepat--dalam kategori Komunitas Anggota. Twitter memiliki pertumbuhan bulanan sebesar 1.382%, meningkat dari 475.000 pengunjung pada Februari 2008 menjadi 7 juta pada Februari 2009.

Aplikasi pihak ketiga
Kurang dari setengah kicauan yang dikirim-tampil menggunakan web, sedangkan sebagian besar pengguna menggunakan aplikasi pihak ketiga (berdasarkan analisis 500 juta kicauan oleh Sysomos). Ada banyak alat atau aplikasi dari twitter. Beberapa di antarnya adalah aplikasi TweetDeck, Salesforce.com, HootSuite, Twitterfeed, UberSocial, Snaptu, TweetWawa, WriteLonger, SimpleTweet, Gravity

Demografi
Menurut sebuah studi oleh Sysomos pada bulan Juni 2009, perempuan membentuk sebuah demografi Twitter lebih besar daripada laki-laki dimana persentasenya adalah 53% lebih dari 47%. Ia juga menyatakan bahwa 5% dari pengguna menyumbang 75% dari semua aktivitas, dan bahwa New York memiliki Twitter sebagian besar pengguna.
Pada perkembangannya, Twitter yang awalnya dirancang untuk digunakan oleh orang dewasa sebagai sarana pendukung dalam pekerjaan, sekarang ini justru didominasi oleh remaja. Hal ini dikarenakan fungsi Twitter yang sekarang sebagai wadah berkumpulnya para penggemar artis-artis. Bisa saja pengguna twitter tersebut adalah selebritis atau hanya sekedar basis fans. Dengan begitu para pengikut akun selebritis tersebut bisa memantau berita terbaru dari sang selebritis. Selebritis yang pertama kali menjaing satu juta pengikut dan juga sebagai pelopor akun selebritis adalah Ashton Kutcher. Kemudian diikuti oleh Oprah Winfrey, Britney Spears,Justin Bieber,Lady Gaga.

Kerahasiaan pribadi dan keamanan
Menanggapi pelanggaran keamanan Twitter, Federal Trade Commission membawa tuduhan terhadap layanan yang telah diselesaikan pada tanggal 24 Juni 2010. Ini adalah pertama kalinya FTC telah mengambil tindakan melawan jaringan sosial untuk penyimpangan keamanan. Penyelesaiannya Twitter memerlukan sejumlah langkah untuk mengamankan informasi pribadi sehingga "program keamanan informasi yang komprehensif" untuk secara independen diaudit dua kali setahun.
Pada tanggal 21 September 2010, Sebuah cacing komputer (worm) XSS aktif di Twitter. Ketika sebuah akun pengguna mengirim kicauan, cacing komputer dalam skrip secara otomatis akan membuka tautan dan mengirim-tampil dengan sendirinya. Yang lebih parah kemudian digunakan untuk mengirim sembulan iklan (pop-up ad) dan tautan ke situs porno.
Tag : So Tau
0 Komentar untuk "Tentang Twitter"
Back To Top